Minggu, 24 November 2013

DEMOKRATISASI KAMPUS



Di sini saya ingin menyampaikan pengetahuan saya yg sedikit tentang demokratisasi kampus.
Demokratisasi sama dengan demokrasi, apa itu demokrasi? Demokrasi berasal dari kata demos dan kratos demos yg berarti pemerintah dan kratos adalah rakyat jadi demokrasi adalah pemerintahan rakyat? Ya, Abraham licoln menyatakan demorakasi itu adalah pemerintahan dari rakyat, oeh rakyat, dan untuk rakyat.
Jadi kampus sebagai miniature Negara seharusnya memakai system ini agar mahasiswanya tidak merasa terintimidasi, jika deokratisasi kampus ini di terapkan dalam suatu kampus makan tidak aka nada lagi pembodohan terhadap mahasiswa itu sendiri.
Ada 4 macam yg harusnya di terapkan dalam demokratisasi kampus yaitu:
-Kesetaraan
-Keterlibatan
-Tranfaransi
-JKB3
Yang pertama kesetaraan, apa itu kesetaraan? Yg di maksud dari kesetaraan di sini adalah kesetaraaan mahasiswa dengan pendidik dalam kampus. Jadi mahasiswa bukan olah yg bisa di atur seenaknya oleh pihak pendidik.
Apa yang di maksud dengan keterlibatan? Yang di maksud dengan keterlibatan disisini yaitu saaat kampus ingin mengadakan sesuatu kegiatan atau semacam seharusnya kampus mengajaka mahasiswa untuk ikut karana mahasiswa juga terlibat dalam ruang lingkup kampus sendiri dan mahasiswa bukan seorang tamu tamu dalam kampus.
Transfaransi, tranfaransi disini lebih cedong kepada dana (uang) kenapa? Agar tidak adanya penyalahgunaan dana yg di lakukan oleh kampus karna mahasiswa juga berperan dalam masalah ke uangan itu juga.
JKB3, apa itu JKB3? JKB3 adalah jaminan kebebasan beorganisasi, berpendapat, dan berkreasai.
Ya setiapp mahasisiwa itu mempunya hak kebebasan beroraganisasi karana manfaat organisasi tersebut sangat besar utuk mahasiswa sendiri, selanjutanya kebebasan berpendapat. Seharusnya mahasiswa bebas berpedapat bukan malah di kekang untuk menjadai mahluk yg hedonis. Dan berkreasi, sebagai mahasiwa haruslah kita mempunyai kreasi yang lebih dari pada siswa dan untuk itu kita harus berkreasi tanpa harus takut dengan pihak kampus yang melarang mahasiswanya untuk berkreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar