1. Pengertian
Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah indikasi
berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi
perusahaan.
Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Stengths)
dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan
kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats).
Tujuan utama perencanaan
strategi adalah untuk memperoleh keunggulan bersaing dan memiliki produk yang
sesuai dengan keinginan konsumen dan dukungan yang optimal dari sumber daya
yang ada.
Analisis SWOT secara sederhana
dipahami sebagai pengujian terhadap kekuatan dan kelemahan internal sebuah
organisasi, serta peluang dan ancaman lingkungan eksternalnya.
Proses pengambilan keputusan
strategi selau berkaitan dengan pengambilan misi, tujuan, strategi dan
kebijakan perusahaan. Dengan demikian perencanaan strategi harus menganalisis
faktor-faktor perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dalam
kondisi yang ada saat ini.
Faktor eksternal adalah faktor lingkungan
luar perusahaan baik langsung maupun tidak langsung. Faktor eksternal ini dapat
berdampak positif ataupun negatif bagi perusahaan, artinya ada yang memberikan
peluang dan sebaliknya ada yang memberikan ancaman. Faktor internal adalah lingkungan yang berada
dari dalam perusahan itu sendiri. Faktor inilah yang menunjukkan adanya
kekuatan atau kelemahan perusahaan itu sendiri, baik yang sudah lampau, kini
maupun yang akan datang.
2. Tujuan,
Manfaat dan Fungsi Analisis SWOT
a.
Tujuan Analisis SWOT
Analisis
SWOT mengarahkan analisis strategi dengan cara memfokuskan perhatian pada
kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities)
dan ancaman (threats) yang merupakan hal yang kritis bagi keberhasilan
perusahaan. Maka perlunya identifikasi terhadap peluang dan ancaman yang
dihadapi serta kekutan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan melalui telaah
terhadap lingkungan usaha dan potensi sumber daya perusahaan dalam menetapkan
sasaran dan merumuskan strategi perusahaan yang realistis dalam mewujudkan misi
dan visinya.
Maka tujuan analisis SWOT pada
perusahaan adalah untuk membenarkan faktor-faktor internal dan eksternal
perusahaan yang telah dianalisis. Apabila terdapat kesalahan, agar
perusahaan itu berjalan dengan baik maka perusahan itu harus mengolah untuk
mempertahankan serta memanfaatkan peluang yang ada secara baik begitu juga
pihak perusahaan harus mengetahui kelemahan yang dihadapi agar menjadi kekuatan
serta mengatasi ancaman menjadi peluang.
b. Manfaat
Analisis SWOT
Analisis SWOT bermanfaat apabila
telah secara jelas ditentukan dalam bisnis apa perusahaan beroprasi, dan arah
mana perusahaan menuju ke masa depan serta ukuran apa saja yang digunakan untuk
menilai keberhasilan manajemen dalam menjalankan misinya dan mewujudkan
visinya. Manfaat dari analisis SWOT adalah merupakan strategi bagi para stakeholder
untuk menetapkan sarana-sarana saat ini atau kedepan terhadap kualitas
internal maupun eksternal.
c.
Fungsi Analisis SWOT
Ketika suatu perusahan mengorbitkan
suatu produk tentunya pasti telah mengalami proses penganalisaan terlebih
dahulu oleh tim teknis corporate plan. Sebagian dari pekerjaan
perencanaan strategi terfokus kepada apakah perusahaan mempunyai sumber daya
dan kapabilitas memadai untuk menjalankan misinya dan mewujudkan visinya.
Pengenalan akan kekuatan yang dimiliki akan membantu perusahaan untuk tetap
menaruh perhatian dan melihat peluang-peluang baru. Sedangkan penilaian yang
jujur terhadap kelemahan-kelemahan yang ada akan memberikan bobot realisme pada
rencana-rencana yang akan dibuat perusahaan.
Maka, fungsi dari analisis SWOT
adalah untuk menganalisa mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki
perusahaan yang dilakukan melalui telaah terhadap kondisi internal perusahaan,
serta analisa mengenai peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan yang
dilakukan melalui telaah terhadap kondisi eksternal perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar